Wednesday, July 24, 2013

FPI, Benar-benar Pembela Islam atau Malah Merusak Nama Baik Islam?!

ini adalah kali pertamanya saya menulis tentang hal yang seperti ini, saya tidak ingin menyalahkan atau menghakimi siapapun. saya lebih ingin mengeluarkan unek-unek atau pendapat saya tentang masalah yang beberapa minggu ini selalu ada didalam berita setiap stasiun televisi.
ini bukan untuk kali pertama terjadi, karena hampir disetiap bulan Ramadhan yaitu bulan suci bagi umat yang beragama islam. selalu saja ada berita ditelevisi yang menyangkut tentang FPI, melakukan tindakan brutal, anarkis dan sweeping yang semua orang pasti akan setuju jika itu bukanlah perbuatan yang manusiawi.
ini bukan hal yang mengejutkan tapi apa kita tidak  merasa kasihan pada orang-orang yang mungkin bisa disebut korban??
FPI (Front Pembela Islam) adalah sebuah kelompok ormas yang menyatakan dirinya sebagai pembela agama Islam dan mungkin semua rakyat Indonesia sudah tidak asing lagi dan mengetahui sepak terjang FPI baik dari media sosial, koran, radio dan berita.
membela agama adalah perbuatan yang sangat mulia dan Allah.SWT serta Rasul.Nya sangat menyukai hambanya yang berjihad untuk membela agama yang sangat kita cintai.
Dan juga, Islam adalah agama yang sangat sempurna, ajarannya sangat komprehensif yang mencakup semua aspek kehidupan. tapi, yang menjadi pertanyaan adalah apa tindakan yang dilakukan oleh anggota FPI tersebut disukai oleh Allah.SWT, Rasul dan para sahabat Rasul?
apakah agama Islam mengajarkan dakwah yang seperti FPI lakukan? Bukankah hal tersebut tidak lebih buruk seperti orang-orang yang FPI sweeping, karena mereka melakukan tindakan anarkis dan brutal bahkan menurut saya tidak manusiawi.
menurut pemikiran saya, anggota FPI pasti sangat tahu tentang agama dan batasan-batasan yang diatur didalam Al-Qur'an, Hadist dan sebagainya. dan pasti ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus bertindak brutal dan anarkis. bukankah didalam Al-Qur'an Allah.SWT berfirman dalam Surat An-Nahl: 125 yang berbunyi : "Ajaklah ke jalan Tuhanmu dengan cara yang hikmah (kata-kata baik), dan contoh-contoh perilaku yang baik, dan jikalau harus berdebat maka debatlah dengan cara yang paling tepat"
apa cara yang dilakukan oleh FPI adalah cara yang paling baik? bahkan yang terbaik yang diajarkan?
sama seperti yang ditulis oleh Mohammad Ichsan dalam tulisannya FPI: Front Pemfitnah Islam?
  1. Mereka mengejar seluruh orang-orang yang mereka anggap salah tanpa menanyakan terlebih dahulu, mereka pukuli, mereka siram dengan minuman keras yang mereka jual, mereka menghancurkan rumah. FPI adalah orang-orang yang mengerti atau tahu bahwa didalam Islam diajarkan bahwa minuman keras itu haram hukumnya? Atau bahkan lebih dalam lagi, apakah pasti bahwa yang mereka ‘serang’ itu semuanya muslim? Kebanyakan kita menghukumi seseorang tanpa asas praduga tak bersalah hingga hilang nurani kita dan akal menjadi buta dan hanya nafsu yang dikedepankan.
  2. Apakah itu cara dakwah yang rasul lakukan? Sedangkan ada seorang badui arab yang buang air kecil dimasjid kemudian para sahabat marah dan akan menghentikannya namun rasul menahan para sahabat tersebut lalu berkata ia (badui itu) belum tahu tentang masjid. Hasilnya, sang badui arab masuk islam. Saya pun mengerti bahwa hadits mengenai merubah kemungkaran dengan tangan, lisan dan hati juga hadits yang shahih. Namun bukan berarti saya setuju dengan pengertian tangan dihadits tersebut dengan cara yang diimplementasikan oleh FPI. Silakan lihat hadits kisah badui ini dan ayat yang saya sampaikan diawal tadi sebagai bukti.
  3. Apakah dengan begitu memberantas habis kemaksiatan? Setiap generasi akan terus menghasilkan kebodohan-kebodohan maksiat ini jikalau tak diberantas dengan tepat dan sabar. Bukankah cara instan banyak berhasil dengan hasil yang instan pula? Bukankah Allah telah perintahkan kita dalam surat yang sering sekali kita baca karna pendeknya surat tersebut, Al-Ashr? Allah berfirman: ‘Saling nasihat menasihati dalam kebenaran dan saling nasihat menasihati dalam kesabaran’. Maka mengajari orang-orang tersebut (para peminum) dengan benar dan sabar adalah cara yang tepat hingga mereka itu sendiri yang menasihati anak keturunan mereka agar menjauh dari kemaksiatan yang telah mereka lakukan. Jika Anda Tanya ‘Berhasilkah?’ Maka saya tanya kembali, ‘Percayakah dengan dakwah rasul?’
FPI dibentuk pasti untuk sebuah tujuan yang baik dan mulia karena tidak ada suatu hal pun yang dibentuk untuk menjelek-jelekan atau merusak kewibawaan, apa lagi menyangkut agama dan sebuah keyakinan umat.
kegiatan menasehati, mengajak kejalan yang baik adalah tugas setiap hamba Allah.SWT yang ada dibumi ini. tapi, marilah pakai cara yang lebih manusiawi, lebih terhormat, lebih beradap! tidak melakukannya dengan kekerasan, tindakan brutal, anarkis serta tindakan lainnya yang didalam Al-Qur'an dan Hadist pun TIDAK diajarkan.
tapi, bukan ingin memungkiri jika FPI juga melakukan kebaikan-kebaikan seperti contohnya menolong korban gempa padang. tapi, organisasi, ormas, kelompok dan lain-lainnya juga dapat melakukan kebaikan-kebaikan seperti itu tanpa melakukan tindakan brutal, anarkis yang tidak manusiawi.
yang menjadi pertanyaan sekarang adalah:
apakah keberadaan FPI benar-benar pembela Islam atau malah merusak nama baik Islam?!

3 comments:

  1. Pada pertamanya saya mendengar banyak sekali pendukung fpi, disitu saya merenung, apakah saya benar? Atau mereka mereka ini yang benar?saya berfikir keras, saya menjadi tidak percaya diri denga ajaran saya, dari dulu saya selalu diajarkan untuk sopan saling menghargai dan lain lain. Sempat saya berfikir mungkin saya salah mereka benar, tapi jika mereka benar, masa ada ulama yang menyukai pornografi, berbuat zinah diluar nikah, mengumbar kebencian, hal hal yang bahkan tidak diajarkan rasulullah. Semakin sini saya semakin yakin bahwa mungkin mereka yang terlalu berlebihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm.. mari kita liat apa ini akan berakhir dengan baik, apa hal yang salah akan terbongkar dan hal yang baik akan terdengarkan. kita tidak bisa menghakimi seseorang hanya karena beberapa berita yang belum tahu apa itu benar atau salah. kita serahkan semua pada orang orang berwenang utuk hal ini. dan sekali lagi semoga semuanya beakhir dengan baik. tanpa ada yang harus ditutup tutupi dan saling menuding satu sama lain. meski pada akhirnya, hasil akhr selalu tidak sepenuhya memuaskan semua orang.

      Delete
  2. Maaf bukankah umar bin khattab dan sayidina ali itu keras?
    Jika hidup dengan air saja tidak mungkin,harus ada api dan jika hidup dengan api saja tidak mungkin harus ada air

    ReplyDelete

Ku beri kau judul HUJAN

hujan deras itu akhirnya turun.. setelah beberapa saat sangat gersang dan kering.. tanah kembali lembab, tanaman kembali tersenyum dan udara...