Sunday, February 17, 2013

Saat Ayah Ga’ Terima Panggilan & Sms!


Anak Kosan!! Kalian tau kan anak kosan itu gimana?? Anak yang tinggal jauh dari orang tua. Anak yang maksa jadi mandiri kalo mau idup senang dimasa tua nanti. Anak yang harus memperjuangkan cita – citanya kalo mau orang tuanya bangga dengan hasil kerjanya. Anak yang harus belajar hemat mati – matian kalo engga mau di ujung bulan cuma makan Mie dan telor doang. Anak yang harus memperhitungkan kapan lulus dan angkat kaki dari kampus dengan baik bukan di usir secara halus karena udah terlalu lama bergentayangan dikampus. Anak yang sangat takut jika harus menjadi mahasiswa semester banyak dan bergerlar “Ma., Ba” *Mahasiswa  aBadi*
            Nah, masalah pertama yang dihadapin sama anak kosan adalah dia harus bangun tidur sendiri. untung gue tepat waktu bangun..hehe tapi, Bagi yang susah bangun harus deket dan berhubungan baik sama yang namanya Alarm. Kalo engga jangan harap bangun tepat waktu dan duduk manis dikelas di deretan depan. Syukur – syukur kalo punya pacar, kan bisa jadiin pacarnya alarm yang romantis kan? Tiap pagi bakal ada yang telepon seperti ini :
            “sayang! Bangun dong! Udah pagi nih.. kamu kan punya kuliah hari ini”
Dan beruntungnya lagi kalo kampus jauh, bisa minta anter dan jemput gratis karena harus menghemat uang dengan baik. Penekanan! Itu kalo punya pacar yah!! Kalo engga punya pacar, yah apa lagi kalo bukan temenan sama alarm karena kalo minta bangunin teman yang sama – sama anak kosan itu sama aja bunuh diri!
            Itu tadi masalah pertama, masalah keduanya adalah kalo punya masalah harus diselesai sendiri. kan jauh dari orang tua jadi engga bakal ada tempat curhat yang baik kecuali telepon orang tua ceritain semua penderitaan anaknya selama menjadi anak kosan. Tapi ada teman – teman yang nemu di kampus, di kosan atau nemu jalan pas lagi ngelanglang buana sendiri. Itu juga, kalo mereka bisa kasih solusi dan engga ngehadapi masalah yang sama. Kalo sama, yah sama aja namanya bunuh diri lagi!
####
            Dan puncaknya adalah..terererrerereng…rerereng…!!!
Masalah yang akan dihadapi semua anak kosan.. engga terkecuali gue sendiri.. yaitu UANG!! Anak kosan selalu bermasalah sama uang! Karena kan udah dijatah sama orang tua tiap bulannya.. tapi kalo orang tua kaya raya, punya uang yang Buaaaanyak! Bukan masalahkan sehari ngebuang uang segepok??
Tapi ada juga orang tua yang engga terlalu loyal sama anaknya walo dia punya banyak uang dengan alasan “kamu harus belajar menghemat uang! Harus bisa milih yang mana, yang penting! Siapa yang mau coba kalo dapat pasangan yang boros dan engga bisa memanage uang kalo udah nikah nanti?” itu sih wejangan dari ibu saya tercinta.. yang ternyata di amini sama beberapa teman – teman.. ironis sekali yah!!
            Masalah dibulan ini adalah uang.. jangan salah ya!! Gue ini anak yang hemat dan selalu taat dengan semua wejangan dari kedua orang tua tercintah.. tapi dibulan ini lagi apes kali? Jadi tuyul – tuyul yang bergenyangan datang dan mengambil semua uang yang ada didalam dompet gua tercinta.. yang nyisa Cuma kertas berwana putih yang dinamakan struk! Ngenes banget!.
            Di bulan – bulan terakhir kuliah banyak sekali uang yang harus di relakan berterbangan dari dalam dompet tercintah…mulai dari beli buku bahan buat skripsi, buku yang dibeli buat pembekalan sebelum mendapat gelar yang sudah di perjuangkan selama beberapa tahun ini..
            Belum lagi kalo hobby ngoleksi buku yang terpajang di setiap rak buku di toko – toko buku. Apa lagi kalo toko buku buat SALE besar – besaran..uang yang ada didompet dijamin akan segera beranjak ke dalam kotak uang yang ada dikasir toko buku..
            Dan sekarang uang yang ada di di dompet gue cuma ada 2 lembar yang berwarna abu – abu.. *lo yang baca jangan ngehina yah! Kalo ketawa gue doain sakit perut!* dengan memberanikan diri dan membuat alasan yang benar – benar bisa dipertanggung jawabkan.. gue kirim sms ke ibu
            “bu, bilang ayah dong.. uang ku abis jadi kirimin lagi yah^^~”
Di pikiran adalah mendapat balasan sms yang menyenangkan hati, tapi apa?? Di tunggu 15 menit, 30 menit dan satu jam.. engga ada satu sms yang masuk! Engga ada balasan dari ibu saya tercintah. Karena kesal! gue telepon ibu dan percakapannya jauh sekali dari harapan!
Ibu: hallo.. kenapa?
Me: kok aku sms ibu engga dibales sih?
Ibu: oo, kamu sms yah?? Wah, maaf ibu sibuk! Kenapa?
Me: uangku abis! Jadi bilang ayah kirimin lagi dong..
Ibu: kamu kok boros banget? Kemaren udah dikirim lebih masih aja kurang. Jadi anak kok boros banget? Kamu itu harus belajar jadi orang yang hemat! Harus bisa memanage uang! Siapa yang mau nikahin kamu kalo boros gitu? *rasanya jleb bener pas denger ceramahan panjang ibu*
Me: iya udah hemat ini! tapi mau gimana lagi? kan semester akhir!
Ibu: engga mau tau deh! Kamu pinta langsung sama ayah aja.. ibu banyak kerjaan sekarang, mana adik kembar kamu banyak maunya. Udah dulu yah! Ibu lagi masak, nanti ayah pulang mau makan.
Me: ya deh.. *dengan wajah yang tertekuk 450 derajat* - emg ada 450 derajat dalam hitungan?
            Hasilnya hari itu gue bingung dan bisa dibilang Galau kek anak jaman sekarang! jujur aja sih, gue engga ngerti galau itu gimana sih? Ah, lupakan saja!
Dari satu jam Cuma ngutak – atik hape doang.  nyiapin keberanian buat sms atau telepon ayah.. takut kena ceramah yang kedua kalinya. Tapi kalo engga bagaimana nasib gue selama sisa bulan ini? mau makan apa?? Masa iya makan angin sama minum air doang? Bisa – bisa cungkring mendadak nih.hmmm..
####
            Dengan segala keberanian akhirnya memutuskan mengirim sms untuk bilang apa maksud dan tujuan yang di inginkan! Sms yang sulit banget dikirim karena takut kena ceramah tapi, dengan memejamkan mata send button tertekan juga dengan isi seperti ini
            “ayah, telepon…”
            5 menit, 10 menit, 15 menit, sejam, dua jam.. engga ada respon apapun! Gue masih aja melototi hape dengan wajah yang kesal sekesalnya..kalo tu hape bisa bicara dia pasti bilang gini:
            “eh, elo emang tuan gue! Elo emang suka ngutak atik gue tiap hari! Elo emang yang ngisi pulsa sama batre gue kalo lagi limit! Tapi engga usah melototi segitunya kali! Gue engga nyaman lo pelototi gitu, engga cantik banget rasanya!”
Sampe ke tiga jam, masih engga ada telepon yang masuk ataupun sms yang masuk.. perasaan mulai terasa sedih! Galau mulai melanda haha.. pikiran setan jahat dan baik mulai berkelebat dimana – mana *bener - bener mau jadi anak durhaka keknya*
            “orang tua gue ini sayang engga sih sama gue? Kok segitu bener sih sama anak yang lagi sekarat uang. Masa iya engga mau ngirimin uang?”
dan masih banyak pikiran aneh lain yang berterbangan di dalam kepala. Karena kesal, akhirnya gua telepon juga nomor ayah, jawaban yang di dapat juga tidak menyenangkan! Sangat – sangat mengecewakan! Gue bicara sama mbak – mbak yang keganjenan dengan perkataan
            “ nomor yang anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan. Silahkan menghubungi beberapa saat lagi!”
Gimana engga jleb coba? Nomor ayah engga aktif! Pantesan aja berjam – jam nunggu engga ada sms atau telepon yang masuk. Rasanya mau terjun ajah deh dari pinggir kasur..
####
            Karena nomor ayah engga aktif trus minta ibu juga yang didapat cuma ceramah yang panjang sepanjang rel kereta api. Gue jadi pasrah! Pasrah kalo Cuma makan angin sama minum air doang selam sisa akhir bulan ini! semoga ada keajaiban yang berdatangan. Sebenarnya itu doa pas sebelum tidur kalo lagi terjepit di dalam sebuah keadaan yang darurat.
            Keesokan harinya, gue bangun dengan terpaksa! Dan dengan wajah yang tertekuk beberapa lipat karena masih merasa kesal sama kedua orang tua. Kebiasaan setiap bangun adalah mengutak – atik hape.. yah, apalagi kalo bukan buka tuiter..facebuk atau instagram dan kembali berpikir untuk sms ayah dengan tujuan yang sama seperti kemarin. Sms pun benar – benar terkirim isinya sama persis seperti kemarin. Beberapa menit kemudian sebuah sms masuk, sedikit dag dih dug sih.. karena yakin itu pasti sms dari ayah! Dan benar saja..
            “ayah lagi sibuk. Kenapa mau telepon? Uang? Udah dikirim dari kemaren uangnya pas kamu telepon ibu. Makanya di periksa.”
Aaaaaaah~ rasanya nano nano bener deh! Muka yang tertekuk berubah kembali berseri – seri.. ini bukan kali pertama ayah gitu.. -____- suka beri kejutan yang tak terduga..hahhaa
Logikanya yah, kalo gue periksa atm tapi isinya engga ada itu pasti jleb banget.. mana mau gue datang ke atm buat meriksa isinya kalo engga ada aba – aba, isinya udah ada.. kan ngerugiin waktu banget ngantri masuk eh, engga ada saldo.. hahah
####
Nah, kesimpulannya adalah! Kalo lagi engga ada uang dan yakin kalo isi atm engga ada.,. jangan sungkan – sungkan buat periksa kembali! kan siapa tau ada uang nyasar yang masuk dengan sendirinya.. tapi kalo emang engga ada isi tu atm yah sabar aja deh, emang udah nasib kali belum terisi..atau juga pinjem ama teman deh.. kesimpulan lainnya adalah! Orang tua engga pernah ngebuat anaknya susah karena engga langsung ngasih apa yang anak mau tapi anak yang suka nyusahin orang tua karena suka maksa buat dapatin apa yang dia mau. Dan orang tua sangat suka buat anaknya uring – uringan dengan alasan supaya anaknya dewasa! Dan bukan berarti orang tua engga tau perkembangan kita meski kita berada jauh dari mereka, karena selalu ada ikatan batin antara anak dan orang tua..aaaaaah.. 

No comments:

Post a Comment

Ku beri kau judul HUJAN

hujan deras itu akhirnya turun.. setelah beberapa saat sangat gersang dan kering.. tanah kembali lembab, tanaman kembali tersenyum dan udara...